Pembayaran Upah Selalu Telat, Pekerja Outsourcing PLN Mengadu ke DPRD Wajo

  • By BerWa
  • Agustus 10, 2020
  • 0
  • 35 Views

BERITAWAJO.ID – Federasi Pertambangan dan Energi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (FPE KSBSI) Kabupaten Wajo kembali menyampaikan aspirasi ke DPRD Wajo, Senin (10/8/2020).

Hal itu setelah pada jadwal penyampaian aspirasi sebelumnya, Jumat (7/8/2020) lalu itu, tertunda lantaran PLN Sengkang dan PT Bintang Inti Gelora (BIG) tak hadir.

Aspirasi itu menyangkut para tenaga kerja outsourching PLN dibawah naungan PT BIG menuntut agar upahnya dibayarkan tepat waktu.

“Sebelum permasalahan ini bergulir di DPRD, ada pertemuan pada September tahun lalu dengan kesepakatan gaji akan dibayar setiap tanggal 5, setelah kesepakatan tersebut terjadi keterlambatan gaji lagi pada Mei, akhirnya buruh mengirimkan surat ke direktur agar gaji tidak terlambat kembali,” kata Ketua FPE KSBSI Wajo, Abdul Kadir Nongko.

Dirinya menekankan, agar pihak PT BIg tidak mempermainkan gaji karyawan atau terlambat lagi dikarenakan karyawan sangat membutuhkan gaji tersebut untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Di akhir pernyataannya, Abdul Kadir Nongko menekankan agar tak ada intimidasi terhadap pekerja dengan ancaman PHK.

“Apabila itu terjadi maka, karyawan PT BIG beserta keluarga dan DPC FPE KSBSI akan menduduki Kantor PLN Sengkang,” katanya.

Sementara, Manager PT Bintang Inti Gelora area Bone, Suyadi menyebutkan jika keterlambatan pembayaran gaji itu lantaran ada masalah keuangan di perusahaan lantaran terdampak pandemi Covid-19.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan management pusat agar tidak ada lagi keterlambatan pembayaran gaji karyawan,” katanya.

Pada penyampaian aspirasi yang dipimpin oleh anggota DPRD Wajo, yakni Ambo Mappasessu, Mustarin dan Andi Merly Iswita itu menekankan, agar PT BIG bisa memenuhi kewajibannya.

“Kita sepakati bahwa pembayaran gaji tetap pada setiap tanggal 5, apabila lewat dari kesepakatan tersebut maka karyawan akan menuntut pemberlakuan PP No 78 tahun 2015,” kata Ambo Mappasessu.

Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul Pembayaran Upah Selalu Telat, Pekerja Outsourcing PLN Mengadu ke DPRD Wajo, https://makassar.tribunnews.com/2020/08/10/pembayaran-upah-selalu-telat-pekerja-outsourcing-pln-mengadu-ke-dprd-wajo.
Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Imam Wahyudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *