Wisuda Ma’had Aly As’adiyah Sengkang Angkatan XIII Meluluskan 44 Mahasantri

  • By BerWa
  • September 19, 2020
  • 0
  • 78 Views

BERITAWAJO.ID – Ma’had Aly As’adiyah Sengkang meluluskan 44 Mahasantri. Bertempat di gedung As-saadah jalan Andi Magga Amirullah, Sengkang, Sabtu 19 September 2020.

Hadir langsung dalam kegiatan tersebut Mudir Ma’had Aly As’adiyah, Bupati Wajo, dan Dr. Ahmad Muktamar Badruddin, MA. selaku pembawa orasi Ilmiah. Turut bergabung secara virtual Dr. Waryono, M.Ag. Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Republik Indonesia dan Anregurutta H. Muhammad Sagena, MA., Ketua Umum PP Pontren As’adiyah.

Gurutta Dr. H. Muhyiddin Tahir, M.Th.I, melaporkan bahwa para alumni adalah santri yang terjun di masyarakat menjadi mubalig dan tenaga pendidik siap pakai. “Para alumni nantinya akan menjalankan tugas pengabdian diberbagai wilayah di Indonesia, seperti Kalimantan, dan Papua” Ujar Mudir Ma’had Aly As’adiyah.

Prosesi wisuda mahasantri Angkatan-XIII Ma’had Aly As’adiyah Sengkang Tahun Akademik 1440/1441 H, diawali dengan pembacaan surat keputusan kelulusan para mahasantri oleh KM. Ahmad Agus, S.Ag. dilanjutkan dengan pemanggilan wisudawan serta penyebutan predikat dan tempat pengabdian mahasantri.

Dalam kegiatan tersebut Dr. Syarifuddin, MM. menyampaikan pesan dan kesan terkait pendidikan mahasantri di Ma’had Aly As’adiyah. Beliau menuturkan pentingnya menjaga nama baik almamater tempat kita menuntu ilmu.

Acara berlanjut pada orasi ilmiah yang dibawakan oleh Dr. Muktamar Badruddin, MA. dalam orasi ilmiahnya beliau mengangkat tema ketokohan almarhum Anregurutta H. Muh. Yunus Martan.

“Anregurutta Yunus Martan Merupakan sosok karimastik yang berkontribusi besar dalam pengembangan pondok pesatren As’adiyah, di masa kepemimpinan beliau As’asdiyah mendirikan Radio untuk menyebarkan dakwah Islam dan mencetuskan berdirinya Ma’had Aly”. Ungkap WR I IAI As’adiyah tersebut.

Diundang secara online, Direktur Pendidikan Dhiniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Republik Indonesia, Dr. Waryono, M.Ag. memberikan sambutan melaui via zoom. Beliau menekan pentingnya meningkatkan kesejahteraan guru-guru di pesantren, sebab merekalah yang berperan penting membina santri dengan penuh keikhlasan.

Baca Juga : Ma’had Aly As’adiyah Wisuda Mahasantri yang Siap Mengabdi

Meski lulusan Ma’had Aly Sengkang ini sudah banyak yang mendapatkan tempat pengabdian, Waryono mengingatkan agar selalu mengasah kreativitas dan terus berinovasi. Sehingga, keilmuannya tetap berkembang dan relevan dengan kebutuhan, serta mampu bersaing di masa depan.

“Agar mahasantri ini terus berinovasi dan meningkatkan kreativitas untuk memenuhi kebutuhan masa depan,” pesannya.(Saddan)

Editor : Edi Prekendes

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *