oleh

Danrem 141/Tp Menutup Acara Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Banjir) Kab. Wajo

-Ragam-3 views

BERITAWAJO.ID – Kodim 1406/Wajo. Rangkaian kegiatan latihan dan penutupan penanggulangan bencana alam banjir yang diselenggarakan di lapangan Pemda Wajo Jl. Rusa Sengkang Kab. Wajo, Kamis (22/10/20).

Yang diawali dengan kegiatan apel pengecekan terhadap personil yang terlibat penanggulangan bencana alam banjir dan dilanjutkan dengan simulasi latihan penanggulangan bencana alam banjir yaitu simulasi Evakuasi pengungsi korban bencana banjir, Evakuasi korban tenggelam banjir dan evakuasi korban patah tulang akibat bencana banjir.

Baca Juga : Kodim 1406/Wajo Gelar Apel Briefing Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Banjir) Kab. Wajo

Setelah kegiatan simulasi dinyatakan selesai kemudian peserta latihan penanggulangan bencana alam banjir diambil alih oleh Brigjen TNI Bahman (Dirdiklat Pusterad) dan memberikan pengarahan yang intinya kegiatan latihan penanggulangan bencana alam banjir yang dilaksanakan di Kab. Wajo bertujuan untuk membentuk kesiap siapgaan para personel yang terlibat dalam penanggulangan bencana alam banjir agar lebih tanggap dalam melaksanakan evakuasi korban banjir yang ada di Wilayah.

Kegiatan ini dilaksanakan diangkat dari sebuah kejadian nyata yang selama ini sering terjadi di daerah daerah rawan banjir salah satunya di Kab. Wajo, dan keutamaan kegiatan ini selain dari latihan penanggulangan bencana banjir yaitu sebuah solidaritas yakni sebuah kebersamaan dan kerjasama semua tim saling bersinergi dan menjadi sebuah komunitas yang sudah mengerti dan tahu apa yang harus dilakukan.

Dan diakhiri dengan pembacaan amanat yang dibacakan oleh Danrem 141/Tp yang intinya dengan selesainya latihan penanggulangan bencana alam banjir ini diharapkan prajurit Korem 141/Tp khususnya Kodim 1406/Wajo dan seluruh anggota satgas penanggulangan bencana alam di Kab. Wajo dapat semakin profesional serta memiliki kemampuan yang memadai dalam melaksanakan kesiapan dan kesiagaan operasional untuk menghadapi musibah bencana alam.

Bekal pengetahuan dan keterampilan yang telah diterima selama mengikuti kegiatan ini masih memerlukan tindak lanjut secara realistis dan materi materi yang dipelajari tidak selamanya sama denga kondisi nyata yang di hadapi dilapangan mengingat ancaman bencana alam sewaktu-waktu terjadi tentunya bentuk kerawanannya berbeda.

Sekalipun latihan ini telah selesai harus terus berusaha untuk meningkatkan kemampuan diri masing-masing dengan lebih banyak belajar dan berlatih serta selalu mencermati perkembangan situasi dalam rangka mengantisipasi timbulnya bencana alam yang sewaktu waktu bisa terjadi.

Editor : Edi Prekendes

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed