oleh

Sejarah Asal Mula Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo

-News-96 views

BERITAWAJO.ID – Pitumpanua beribu Kota di Siwa. Siwa adalah kota tua yang sudah berabad lamanya. bahkan Ia pernah bergabung dengan Kerajaan Luwu kemudian bergabung kembali dengan Kerajaan Wajo di bawah pemerintahan Arung Matoa Wajo IV La Tadampare Puang rimaggalatung.

Pada awal abad ke-20 kembali bergabung ke Wajo setelah bergabung ke Bone. Arung Matowa saat itu adalah, Ishaka Manggabarani.

Dulu pertama di Kota Siwa, Pitumpanua ialah Karaeng Bella, Petta Kangkung. Kota ini telah berkembang pesat karena hasil buminya yang cukup kuat yaitu cengkih dan coklat serta empang bandeng/udang.

Mercu tanda kota ini ialah sebuah Pondok Pesantren yang tersergam indah yang diberi nama Pondok Pesantren Al-Mubarak, Kelurahan Tobarakka. Lembaga Pendidikan Islam ini didirikan oleh tokoh masyarakat Pitumpanua yang dikendalikan langsung oleh Andre Gurutta Haji Ambo Dalle bersama muridnya Andre Gurutta Haji Andi Syamsul Bahri. Selain itu terdapat juga Pondok pesantern Al-mu’munin di desa tellesang yang didirikan oleh toko masyarakat sekitar.

Di samping itu, pelabuhan BansalaE merupakan andalan transportasi laut yang menghubungkan dengan Sulawesi Tenggara dan Indonesia bahagian timur. Kota Siwa akan memiliki pasar raya permanen sebagai pusat perekonomian modern masyarakat Pitumpanua.(Red)

Sumber : Bersekawan Official

Editor    : Edi Prekendes

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed