oleh

KNPI Keera Mengadakan Latihan Dasar Kepenulisan Tingkat Pelajar SMA

-Ragam-14 views

BERITAWAJO.ID – Latihan Dasar Kepenulisan tingkat pelajar. Sedikitnya 28 peserta dari tiga Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kecamatan ikut dalam diklat tersebut, Tiga pemateri pada Pelatihan Kepenulisan bagi Pelajar Pitumpanua-Keera dan Sajoanging yang dihelat oleh Dewan Pengurus Kecamatan KNPI Keera bersama Dewan Pengurus Daerah KNPI Kabupaten Wajo,pelaksanaan kegiatan ini diadakan di Lantai II Gedung UPT KB Wilayah VII Kecamatan Keera Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan Senin 30 11 2020.

Ketua KNPI Kabupaten Wajo, Supardi Amar SE mengatakan, di era modern seperti saat ini, perkembangan informasi begitu pesat diberbagai media sosial.
Agar informasi tersampaikan dengan baik kepada masyarakat, tehnik dasar penulisan perlu menjadi bekal, agar informasi tersebut dapat bermutu. Latihan Dasar Kepenulisan tingkat pelajar, bertujuan untuk membekali sejumlah pelajar agar mampu meningkatkan kualitas penulisan sebuah konten di media sosial atau website pribadi.

“Materi pelatihan menekankan pada manajemen redaksional website mulai dari perencanaan isi, penulisan, dan penyuntingan. Dengan mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu membuat konten menarik yang bisa menyampaikan pesan-pesan organisasi kepada publik secara efektif,” jelasnya.

Dalam Jurnalistik, menulis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang jurnalis. Menulis suatu berita, artikel, opini dan bentuk lainnya tidak bisa sembarangan. Menulis membutuhkan rangkaian kalimat-kalimat yang mudah dipahami, tidak berlebihan dan sesuai dengan topik yang diangkat.

“Belajar jurnalistik pada orang yang tepat akan memberikan kita pandangan dan pengetahuan baru untuk diaplikasikan ke dalam tulisan kita sehingga menjadi tulisan yang singkat, padat dan jelas,” katanya

Dalam Latihan Dasar Kepenulisan tingkat pelajar tersebut, KNPI Kabupaten Wajo menghadirkan sejumlah pemateri dari berbagai kalangan seperti Jurnalis dan Penulis Novel.

“Kami berusaha menghadirkan pemateri yang mempunyai kemampuan dan mengerti tentang penulisan yang baik, agar ilmu yang diberikan dapat diserap dengan mudah, sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya.

Abdul Wahab Dai mengantarkan materi “Menjadi Penulis Warga yang Baik”, , Wa Ode Utari Tantri Rahmani memaparkan “Kepenulisan Fiksi dan Non-Fiksi: Panduan Bagi Pemula”. Sekretaris KNPI Kabupaten Wajo Asrianto memberikan materi Tentang sekretariat, Sementara itu Reporter HaloTV Dian Riani Arman membawakan materinya “Berani Menulis, Berani Berbicara” dan Duo Fotografer Eko Agusrianto/Muh. Arfan Setiawan menjelaskan tentang “Menjadi Pemotret yang Ideal.

Ute, panggilan akrab Wa Ode Utari Tantri Rahmani mengajak para peserta pelatihan menulis sebuah cerita pendek (cerpen) dan akan diterbitkan dalam sebuah buku kumpulan cerpen bersama dengan cerpen karyanya.

Ketua KNPI Keera Abdul Wahab Dai,sekaligus pemateri pada acara ini mengungkapkan rasa syukurnya dengan suksesnya pelatihan yang diikuti 28 pelajar dari SMAN 6 Wajo, SMAN 12 Wajo serta MA As’adiyah No.7 Longka. “Meski target 35 peserta tidak tercapai, pelatihan ini telah melecut semangat para pelajar untuk mencoba memulai menulis dan berkarya.(#)

Editor : Edi Prekendes

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed