oleh

Pembangunan Destinasi Wisata Alam Berbasis Pertanian Terpadu

-Ragam-59 views

BERITAWAJO.ID, TANASITOLO – Pemerintah seharusnya melihat potensi-potensi yang ada di daerahnya masing-masing, sehingga bisa menggali potensi tersebut dan menjadikan pemasukan bagi daerah dan menguntungkan masyarakat.

Hal itu yang dilakukan Andi Muhammad Amin S.E. selaku kepala Desa Waetuwo, setelah Study banding bersama pemerintah se Kecamatan Tanasitolo beliau termotivasi dari perkembangan desa yang ada di Pulau Jawa tersebut.

Baca Juga : Pemerintah Desa Waetuwo Kembangkan Destinasi Agrowisata (Part.1)

Menghadirkan Destinasi Wisata merupakan jalan untuk kesejahteraan Masyarakat Desa bagi masyarakat Hadirnya destinasi wisata alam yang ada di desa Waetuwo membuat bangga masyarakat desa.

Potensi Air yang muncul dari bebatuan dan di bawah tanah ini akan digarap menjadi Wisata Alam ditambah dengan Wisata Pertanian Terpadu. Bukan gigitan jempol semata, berkisar 95% masyarakat Waetuwo berpenghasilan sebagai Petani dan Ternak. Hal itulah yang dilihat Andi Budi sebagai Potensi yang ada di desa yang ia pimpin.

Dalam Wawancara Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) desa Waetuwo yang sedang berada di kebun Lengkeng Crystal mengatakan kehadiran Andi Budi selaku kepala desa bisa memberikan perubahan di desa kami dari berbagai sektor seperti Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan.

Salah satu yang menonjol yaitu dari Sektor Pertanian. Sebelum Andi Muhammad Amin Memimpin Para petani Sawah mengharapkan Air dari Langit atau biasa disebut “Magalung Langi” Kini dalam kepemimpinan Beliau menghadirkan Sistem kompanisasi untuk membasahi Sawah-sawah petani.

Mappasessu juga mengharapkan kepada masyarakat secara khusus Masyarakat Desa Waetuwo, untuk turut bekerja sama agar terwujud segala hal yang ingin diwujudkan.

Di waktu berbeda, dukungan dari sesama kepala desa juga diucapkan oleh kepala desa pakkanna dan kepala desa Ujung Baru. Keduanya yang ikut berkolaborasi bersama di Destinasi yang akan hadir di desa Waetuwo.

Selaku perwakilan kepala desa se Kecamatan Tanasitolo, Wikra Wardana dan Ambo Emeng mengapresiasi kinerja Andi Budi yang bisa melihat dan mengembangkan potensi yang ada di desanya.

Ambo Emeng selaku Kepala Desa Ujung Baru mengatakan bahwa destinasi yang ada di Waetuwo akan membuka lapangan pekerjaan yang baru bagi Warga Desa Waetuwo dan desa yang bersama-sama berkolaborasi.

Beliau juga mengatakan destinasi tersebut akan meningkatkan PAD untuk desa Waetuwo dan desa Tetangga sehingga menutup permasalahan permasalahan ekonomi di daerah Tanasitolo.

Lebih lanjut, Kepala Desa Pakkanna Wikra Wardana menyampaikan bahwa suatu hal yang baik bagi pemerintahan Desa Waetuwo, Andi Budi sangat terbuka kepada kami untuk memberikan sumbangsih pemikiran dan moril dalam pelaksanaan pengembangan destinasi wisata Pertanian terpadu ini.

Wikra wardana juga mengharapkan destinasi wisata ini adalah jawaban dari kehausan masyarakat akan Wisata yang ada di kabupaten Wajo dan nantinya akan menjadi defisa terbaru bagi Desa maupun kabupaten Wajo.(Tim Red)

Editor : Edi Prekendes

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed