oleh

Pemerintah Desa Waetuwo Kembangkan Destinasi Agrowisata (Part.1)

-Ragam, Wisata-30 views

BERIATWAJO.ID, TANASITOLO – Desa Waetuwo merupakan wilayah pemekaran dari Desa Wewangrewu pada Tahun 1980- yang berada di Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan.

Secara geografis Desa Waetuwo berada di bagian Utara Kecamatan Majauleng, Bagian Sebelah Selatan Kecamatan Majauleng, bagian Sebelah Barat Desa Wewangrewu, Desa Mario, Desa Inallipue, dan Desa Wajoriaja dibagian sebelah Timur Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo.

Luas lahan Desa Waetuwo sekitar 16.190 Hektar tanah dengan jumlah penduduk 2.420 Jiwa. Luasnya lahan pedesaan tersebut dibagi menjadi dua dusun yaitu Dusun Waetuwo dan Dusun Cirowali.

 

Desa Waetuwo yang dipimpin oleh Andi Muhammad Amin, SE. Periode Tahun 2017-2023 yang merupakan putra asli Desa Tua Kecamatan Majauleng yang dapat membangkitkan kegagahan Desa di berbagai bidang.

Kerja keras kepala Desa dibarengi dengan kerja aparat desa dan staff untuk melayani warga di kantor desa Waetuwo. sebanyak 7 orang dan 2 Staff diberbagai keahlian seperti kepala dusun, Sekretaris Desa, Bidang keuangan, Bidang pemerintahan, Bidang Kesejahteraan, Bidang pelayanan, Bidang perencanaan Bidang tata usaha dan umum,
Pemerintah dan masyarakat akan selalu bekerjasama untuk membangun kampung halamannya agar tercipta kawasan yang nyaman, bersih dan indah.

Di bidang agrowisata, masyarakat bisa mengunjungi kawasan pertanian terpadu yaitu kebun Lengkeng Crystal yang berada di kawasan wisata nantinya. Bukan hanya perkebunan, di Wisata tersebut akan dilengkapi peternakan dan perikanan sehingga tidak hanya sekedar kolam renang saja, para pengunjung bisa menikmati pertanian terpadu ala Desa Waetuwo

Tahun 2020 merupakan tahun yang baik bagi Warga Desa Waetuwo, sebab Kepala Desa akan menggarap destinasi wisata alam di dusun Cirowali. Luas lahan yang akan digunakan sekitar 4 hektar tanah untuk pembangunan destinasi.

Hasil kerja keras pemerintah desa bekerja sama masyarakat desa Waetuwo mendapatkan kinerja yg baik sehinggah anggaran dana desa melonjak menjadi 1.177.650.000 yang sebelumnya hanya 800an juta Rupiah. Sehingga menjadi desa berkembang pada tahun 2020.

Kini tahun 2021 telah terbayang akan indah dan bentuk Destinasi wisata alam yang berada di desa Waetuwo. Hamparan Sawah dan Kebun Lengkeng yang berada di pinggir kawasan destinasi membuat pengunjung merasa berada di surga bumi lamaddukelleng.

 

Walaupun berada di lahan tanah Desa Waetuwo, Andi Budi selaku kades tidak tertutup dengan pihak pemerintah manapun untuk berkolaborasi di destinasi wisata alam. Terbukti kolaborasi telah disepakati bersama oleh 12 Desa dan Kecamatan.

12 Pemerintah Desa dan Kecamatan akan berkolaborasi bersama yaitu Desa Waetuwo, Desa Mario, Desa  Wewangreu, Desa Palippue, Desa Mannagae, Desa Ujunge, Desa Nepo,Desa Pajalele, Desa Ujung Baru, Desa Pakkanna, Desa Assorajang, dan Kecamatan Tanasitolo.

Nantinya Kolaborasi yang telah disepakati akan membuat villa di destinasi wisata yang berukuran 5×6 meter persegi. Kolaborasi tersebut sehingga menunjang Pendapatan Asli Desa(PAD) serta BUMDes akan aktif dalam Wirausaha di destinasi Wisata alam nantinya.

Hadirnya Destinasi Wisata Alam Berbasis Pertanian Terpadu ini menjawab atas kehausan masyarakat Kabupaten Wajo

Inilah Kepala Desa Waetuwo Andi Muhammad Amin, SE dengan bekerjasama pemerintah dan masyarakat sehingga bisa menghidupkan Inovasi dan Kreativitas untuk desa yang mereka cintai.(Tim Red)

Editor : Edi Prekendes

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed