Pimpinan DPRD Wajo Bahas Sumber Daya Energi Terbarukan

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter

BERITAWAJO.ID, JAKARTA – Pimpinan DPRD Wajo menemui Dewan Energi Nasional (DEN) RI di Jakarta, Rabu, 3 November 2021.

Pertemuan ini untuk mengkoordinasikan dan mengkonsultasikan serta mendapatkan informasi dan langkah strategis daerah dalam mendukung program pengembangan sumber daya energi terbarukan dan migas pada wilayah Provinsi Sulawesi Selatan. Termasuk membahas peran serta daerah penghasil dalam pengelolaan Migas dan energi.

Ketua DPRD Wajo, H Andi Muh Alauddin Palaguna, Wakil Ketua I, H Firmansyah Perkesi, Wakil ketua II, H Andi Senurdin Husaini diterima langsung oleh Sekjen DEN RI Djoko Siswanto bersama Anggota DEN Musri dan Eri Pramono Hadi.

Ketua DPRD Wajo Andi Alauddin Palaguna mengatakan, bahwa pengembangan energi terbarukan di Kabupaten Wajo betul-betul memperhatikan visi pengelolaan energi nasional yaitu terwujudnya pengelolaan energi yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan dengan memprioritaskan pengembangan energi.

Wakil Ketua I DPRD Wajo, Firmansyah Perkesi menambahkan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk bersilaturahmi dan mengetahui strategi pengembangan energi daerah ke depan, khususnya gas bumi dan tenaga surya.

“Kabupaten Wajo memiliki potensi sumber daya alam berupa gas bumi di Blok Sengkang yang telah dimanfaatkan untuk jaringan gas kota dan potensi tenaga surya juga cukup besar,” ungkap Firmansyah.

Sementara Wakil Ketua II DPRD Wajo, Andi Senurdin mengatakan, bahwa Wajo kaya akan sektor energi antara lain, Daerah Aliran Sungai (DAS), gas alam, dan tenaga angin yang betul-betul sangat menunjang proyek pengembangan energi terbarukan.

Dalam kesempatan itu, Anggota DEN Musri menjelaskan bahwa DEN merupakan lembaga nasional, tetap dan mandiri.

DEN mempunyai tugas merancang dan merumuskan Kebijakan Energi Nasional (KEN), menetapkan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), menetapkan langkah-langkah penanggulangan kondisi krisis dan darurat energi (KRISDAREN), dan mengawasi pelaksanaan kebijakan lintas sektor di bidang energi.

Anggota DEN lainnya, Eri Pramono Hadi menyampaikan bahwa Rencana Umum Energi Daerah (RUED) merupakan kebijakan Pemerintah Provinsi mengenai rencana pengelolaan energi Provinsi yang merupakan penjabaran dan rencana pelaksanaan RUEN secara lintas sektoral.

Lebih lanjut, Sekjen DEN Djoko Siswanto menyampaikan bahwa lahan LNG di Sengkang dilaporkan telah siap dan pembangunan sudah mencapai 75 persen dengan kapasitas sebesar 70 MMSCFD. Saat ini sedang menunggu peminat alokasi LNG tersebut.

Djoko berharap Pemda dan DPRD Wajo dapat mendukung kegiatan tersebut. Pimpinan DPRD Wajo mengucapkan terima kasih ke DEN atas proyek Gas Rumah Tangga yang sekarang sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Wajo. (Adv. Humas DPRD Wajo)

Editor : Edi Prekendes

Print Friendly, PDF & Email

Related Posts