Pengusaha Gaharu dan KKSS Probolinggo Bantu Bencana Alam Cianjur

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter

BERITAWAJO.ID, CIANJUR – Komunitas Gaharu Indonesia, gelontorkan dana ratusan juta rupiah. Untuk bantu pemulihan pasca gempa Cianjur. Pendistribusian bantuan kemanusiaan itu, dilakukan secara swadaya dan langsung atau door – to door.

Penasehat Komunitas Gaharu Indonesia, Syamsu Alam menyebut, distribusi bantuan ke korban gempa di Kabupaten Cianjur, sudah masuk tahap kedua.

Baca Juga : ASGARIN dan KKSS Probolinggo Berikan Bantuan 251 Juta Warga Terkena Angin Puting Beliung Pallimae

“Sebelumnya saya sudah ke sana dengan beberapa kawan dari sini. Begitu sampai di lokasi, masya Allah, sebagai sesama manusia kami tidak tega. Melihat saudara kita di sana,” kata Syamsu Alam, Jumat (25/11/2022).

Saat distribusi bantuan pertama kemarin, lelaki yang akrab disapa Haji Alam ini menyebut hanya membawa uang donasi sekitar Rp 100 juta saja.

“Kami bagikan di tiga titik. Mayoritas kami rupakan uang tunai. Agar lebih bermanfaat dan dapat digunakan dengan baik oleh saudara yang terdampak gempa,” ujarnya.

Sejauh ini, pantauan di lokasi kejadian, bantuan logistik dirasa sudah cukup melimpah. Bantuan lain, seperti terpal, selimut, diapers dan uang tunai, lebih dibutuhkan.

Pada tahap kedua ini, Alam menyebut, donasiyang terkumpul mencapai Rp 500 juta. “Ini hanya dari komunitas Gaharu Probolinggo dan Papua saja. Sementara yang lain, dari seluruh Indonesia, masih proses penggalangan dana,” imbuhnya.

Komunitas Gaharu Indonesia sendiri, beranggotakan sekitar 17 ribu orang. Tersebar di seluruh penjuru nusantara. Ada sekitar 10 mobil bantuan yang dikirimkan ke Kabupaten Cianjur, pada tahap kedua ini.

Baca Juga : ASGARIN Bantu Korban Kebakaran, Syamsu Alam: Kami Aktif dari Dulu Beri Bantuan

Berisikan bantuan berupa selimut, kasur, bantal dan guling. Serta sekitar 900 lembar amplop berisikan uang tunai. Dengan total donasimencapai Rp 500 juta lebih.

“Pambagian kami lakukan langsung secara door to door agar lebih tepat sasaran. Harapannya semoga bisa dimanfaatkan dengan baik dan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan saudara kita di sana,” tandasnya.

Sejauh ini, penggalangan donasi untuk korban bencana gempa Cianjur masih terus dilakukan. Alam menyebut, donasi yang terkumpul saat ini belum seluruhnya.

Rombongan yang membawa bantuan dan donasi untuk korban gempa Cianjur, dilepas malam ini. Dari kediaman Samsu Alam di Mayangan. Rombongan dilepas oleh Kepala BKSDA Jatim. Selanjutnya  akan bergabung dengan Kesultanan Cirebon.

Dikutip dari Sumber : www.bromotoday.id

Editor : Edi Prekendes

 

Print Friendly, PDF & Email

Related Posts