-->

Iklan

Pengacara Muda Berprestasi Fauzan Ramadhan , Menyelesaikan Sidang Tesis dengan Gemilang

BERWA
Rabu, 24 Juli 2024, 11:25 PM WIB Last Updated 2024-07-24T15:25:09Z






 
BERITAWAJO.ID, SENGKANG - Jakarta, 24 Juli 2024 –Universitas Trisakti dengan bangga mengumumkan keberhasilan Fauzan Ramadhan, seorang pengacara muda berprestasi sekaligus Tenaga Ahli komisi 3 DPR RI, yang telah menyelesaikan sidang tesisnya dengan hasil yang sangat memuaskan pada 24 Juli 2024, Sidang ini merupakan bagian dari program studi pascasarjana di Universitas Trisakti yang diikuti oleh Fauzan Ramadhan.


Tesis yang berjudul “Penerapan Hak Korban Restorative Justice Dalam Proses Penyidikan Perkara Penipuan Investasi Di Kepolisian” ini membahas mengenai penerapan restorative justice dalam proses penegakan hukum terhadap tindak pidana investasi, yang relevan dengan kebutuhan hukum terkini dan menawarkan solusi inovatif terhadap kebutuhan hukum akan hak-hak korban Investasi. Penelitian ini tidak hanya menunjukkan keahlian akademis Fauzan Ramadhan, tetapi juga komitmennya untuk memberikan kontribusi signifikan dalam dunia hukum.


Fauzan Ramadhan yang merupakan Managing Partner FRP LawFirm menyatakan, “Penelitian pada tesis ini bukan hanya untuk kebutuhan akademik semata melainkan komitmen saya untuk berkontribusi dalam pembangunan hukum nasional mengingat masifnya kejahatan investasi yang merugikan korban. 


Oleh karena itu dalam penelitian ini saya memformulasikan pemenuhan hak korban tindak pidana investasi melalui mekanisme restorative justice.”
Lebih lanjut tutur Fauzan Ramadhan “ tesis ini harapannya bisa dijadikan rujukan baik oleh korban maupun penegak hukum dalam menyelesaikan permasalahan di bidang investasi, karena sampai saat ini aparat penengak hukum dalam   menyelesaikan perkara investasi melalui mekanisme retributif dimana penyelesiannya hanya berorientasi pada pemidanaan pelaku, hal ini mengabaikan keadilan bagi para korban.Oleh karena itu tesis ini mencoba merubah paradigma pemidanaan tersebut dan memfokuskan penyelesaian pada pemenuhan hak korban”



Sidang tesis ini dihadiri oleh dewan penguji yang terdiri dari Ketua Dosen penguji, satu  anggota dosen penguji dan satu dosen tamu penguji.Presentasi yang dipaparkannya dengan jelas dan meyakinkan. Dewan penguji memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas kualitas tesis ini dan berharap bahwa hasil penelitian ini dapat diterapkan dalam praktik hukum di masa kini dan mendatang.



Tesis ini tidak hanya mendapat pujian dari dewan penguji, tetapi juga mendapat perhatian dari rekan-rekan sejawat, keluarga, dan tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut. Keberhasilan ini menandai langkah penting dalam karier Fauzan Ramadhan sebagai pengacara yang berkomitmen untuk menegakkan keadilan.



Terakhir, Fauzan Ramadhan menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam berinvestasi dan bagi masyarakat yang menjadi korban investasi dapat menjadikan tesis ini sebagai rujukan. Karena di dalam tesis ini Fauzan memformulasikan mekanisme penyelesaian perkara investasi  secara baik bagi para korban.




Penulis  : Riyan Ismawan SH

Editor     : Edi Prekendes 
Komentar

Tampilkan

  • Pengacara Muda Berprestasi Fauzan Ramadhan , Menyelesaikan Sidang Tesis dengan Gemilang
  • 0

Terkini

Topik Populer