-->

Iklan

Semarak FDT 2024, Penuh Ragam Acara dan Lomba

BERWA
Kamis, 22 Agustus 2024, 4:42 PM WIB Last Updated 2024-08-23T01:46:13Z




BERITAWAJO.ID,- WAJO- Pelaksanaan Festival Danau Tempe (FDT) 2024 akan dilaksanakan lebih semarak dari tahun-tahun sebelumnya. Sejumlah kegiatan dalam event pariwisata tahunan ini, dikemas dengan nuansa baru.


Pembukaan pada tanggal 23 Agustus 2024 pukul 19:30 sampai pukul 22:00 Wita, yang dihibur Perfomance Yoanna dan DNT Band. Sementara ragam acara yang dilombakan yakni lomba perahu hias, balap perahu dayun dan mesin, FDT Idol 2024, lomba kuliner jajanan dan masakan tradisional, Sengkang Fashion Carnaval (Tema Sutera Sengkang), lomba desain motif kain tenun sutera kecamatan, lomba fashion show, lomba desain logo Porprov XVIII Sulsel, lomba fotografi, dan lomba tari kreasi.



 Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Wajo, yang juga Asisten III Setda Wajo, Muhammad Ilyas, S. STP., M. Si mengungkapkan, untuk tahun 2024 ini, Disporapar Wajo kembali mengadakan FDT,  yang dilaksanakan di dua tempat yakni di Desa Assorajang, Kec. Tanasitolo dan di Lapangan Merdeka Sengkang.


 “Ada perbedaan dengan kegiatan tahun lalu, di mana dilaksanakan di RTH Callaccu. Namun oleh karena belum ada payung hukum penggunaan, sehingga kita belum bisa melaksanakan kegiatan di RTH tersebut,” ungkap Muhammad Ilyas.



Ditambahkan, jika tahun lalu pelaksanaan FDT dilaksanakan selama tiga hari, maka pada tahun ini rentan waktu pelaksanaa lebih lama. “Tahun lalu itu berlangsung selama tiga hari, karena animo kegiatan masyarakat cukup padat, sehingga padaa tahun ini pelaksanaannya enam sampai tujuh hari,” tandasnya.


 Hanya saja, lanjut Muhammad Ilyas, konsekuensinya adalah ada penambahan anggaran. Namun, Disporapar cukup terbantu dengan hadirnya vendor/event organizer untuk mencukupkan biaya pelaksanaan selama kegiatan ini berlangsung.


 “Jadi ada 9 tenda yang kami siapkan untuk pelaksanaan selama tiga hari, karena pelaksanaanya enam sampai tujuh hari, maka ada 28 both. Untuk ini diadakan pembayaran bagi yang ingin mengikuti pameran atau expose di Lapangan Merdeka Sengkang,” jelasnya.



Kendati demikian, kegiatan FDT terbuka untuk umum, bahkan untuk UMKM yang dibina Disporapar itu digratiskan.


 Untuk pembukaan akan berlangsung pada Jumat, 23 Malam, di mana akan diputar video rekaman sambutan Menteri Ekonomi Pariwisata dan Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno yang direkam di Jakarta, sekaligus akan membuka kegiatan FDT 2024 ini. Selain itu, juga sambutan dari Pj. Bupati Wajo, Drs. Andi Bataralifu, M.Si, dan pejabat Provinsi Sulawesi Selatan.


Acara Pembukaan akan berlangsung di Lapangan Merdeka Sengkang, dengan suguhan berbagai hiburan. Kemudian keesokan harinya di Desa Assorajang, akan diadakan lomba  perahu hias, balap perahu, perahu dayung dan perahu mesin. “Juga dihibur ferformer musik,” tandasnya.



Kemudian juga ada lomba menyanyi yang dikemas dalam bentuk FDT Idol.  Bagi pemenang dalam kontes menyanyi ini, akan disematkan brand FDT Idol pada pemenang, sehingga menjadi tanda layak diundang pada setiap acara untuk memberi hiburan, dan memudahkan promosi FDT yang merupakan agenda pariwisata tahunan,“ kata Muhammad Ilyas.


 Selain itu, juga diadakan lomba jajanan traidisional dan makanan tradisional Bugis. Pesertanya tidak dari Kabupaten Wajo saja, tapi juga dari daerah lain. “Setiap lomba dilaksanakan gratis, kami pun menyurati daerah lain untuk berpartisipasi dalam event FDT 2024 ini,” tutupnya.(*)


Editor : Edi Prekendes 











Komentar

Tampilkan

  • Semarak FDT 2024, Penuh Ragam Acara dan Lomba
  • 0

Terkini

Topik Populer