-->

Iklan

Andi Rosman Tinjau Pompanisasi di Desa Lampulung. Berikan Solusi

BERWA
Jumat, 11 Oktober 2024, 6:13 PM WIB Last Updated 2024-10-11T10:13:10Z




BERITAWAJO.ID, PAMMANA  - Calon Bupati Wajo, Andi Rosman meninjau pompanisasi di Desa Lampulung, Kecamatan Pammana, Jumat (11/10/2024).


Menurut Andi Rosman, terdapat beberapa masalah sehingga pengoperasian pompa tersebut tidak mampu difungsikan. Salah satunya tingginya baiaya operasional.


"Mesin pompa yang ada di Desa Lampulung tidak dioperasikan sepanjang waktu karena biaya operasionalnya cukup tinggi karena mesinnya menggunakam  BBM jenis solar," kata Andi Rosman



Andi Rosman menjelaskan, untuk mengoperasikan mesin pompa yang ada di Desa Lampulung, dibutuhkan biaya Rp4,5  juta per 24 jamnya


"Salah satu solusi agar mesin pompa itu bisa berfungsi yakni dengan cara mengganti motor penggeraknya menggunakan sistem motor listrik PLN," jelasnya


Dengan menggunakan motor penggerak listrik, maka biaya operasional yang dibutuhkan untuk mengaktifkan mesin pompa di Desa Lampulung itu dapat ditekan.


"Kami sudah menghitung kalau diganti biaya operasionalnya hanya Rp135 juta per satu musim panen," bebernya


"Dengan anggaran tersebut  maka kita bisa memompa air dari Sungai Walennae ke Sungai Zainal Basri Palaguna, yang akan memastikan petani Desa Tua dapat bertani sepanjang musim. Dan hasilnya bisa mencapai puluhan miliar rupiah,” tandasnya


Diketahui, rehabilitasi irigasi Cenrana diresmikan langsung oleh mantan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah pada 9 Januari lalu. Proyek itu dikerjakan dengan anggaran mencapai Rp20,5 miliar. 


Adapun sumber dana berasal dari IPDMIP atau Integrated Participatory Development and Management Irrigation Program. Irigasi Cenrana diproyeksikan mampu mengairi lebih dari 2.000 hektare sawah yang terdiri dari enam desa di Kecamatan Pammana dan tiga desa di Kecamatan Majauleng. 


Irigasi tersebut memang bukan cuma berfungsi sebagai infrastruktur penunjang pertanian, tapi juga sebagai pengendali banjir mengingat Wajo merupakan wilayah yang rawan banjir.(Red)


Editor : Edi Prekendes 




Komentar

Tampilkan

  • Andi Rosman Tinjau Pompanisasi di Desa Lampulung. Berikan Solusi
  • 0

Terkini

Topik Populer