-->

Iklan

Jelang Pilkada, Pj Bupati Wajo Tegaskan ASN Jangan Terlibat Politik Praktis

BERWA
Jumat, 04 Oktober 2024, 5:06 PM WIB Last Updated 2024-10-05T12:24:27Z



BERITAWAJO.ID, SENGKANG-Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024, Pejabat (Pj) Bupati Wajo Drs. Andi Bataralipu, M. Si menegaskan Aparatur Sipil Negara (ASN) berkewajiban senantiasa menjaga netralitas dan tidak terlibat politik praktis. 


Penegasan tersebut bersifat instruksi kolektif yang telah beberapa kali ia sampaikan di hadapan forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) serta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 


"Terkait netralitas ada beberapa regulasi yang mengatur mulai dari undang-indang ASN itu sendiri, sampai Surat Keputusan Bersama (SKB) yang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Netralitas  Penyelenggaraan Pemilu dengan tujuan untuk menjamin terjaganya netralitas ASN  Perjanjian Kerja (PPPK) saat Pemilu dan Pilkada serentak 2024," ujar Andi Bataralipu yang di temui di ruangannya, Jumat (4/10/2024). 

Baca Juga : DISDIKBUD Wajo Deklarasi Pernyataan Netralitas ASN Pada Pilkada 2024



Dikatakannya, Hal itu tentunya tidak terlepas dari kode etik yang harus dipatuhi oleh abdi negara dalam menjaga keamanan dan ketertiban sosial, terutama pada saat memasuki Pemilu. Baik yang ditunjukkan dengan menjaga ucapan dalam bermedia sosial agar tidak menunjukkan keberpihakan kepada calon tertentu, maupun gestur tubuh bermakna simbolik.


"Di dalam aturan itu jelas tertuan aturan apa yang tidak boleh dilakukan, mulai kode etik serta sangsi hal itu di perkuat surat edaran gubernur yang menjadi rambu-rambu dalam menjaga netralitasnya," Ujarnya. 

Baca Juga : Hadiri Peresmian Posko Paslon, Camat Pitumpanua Wajo Diduga Melanggar Kode Etik



Mantan Kadis DPMD pemprovHadiri Peresmian Posko Paslon, Camat Pitumpanua Wajo Diduga Melanggar Kode Etik sumsel ini menambahkan, sampai saat ini pihaknya juga telah mengengar beberapa ASN dan Oknum guru yang sudah berstatus terlapor di Bawaslu Wajo, olehnya itu ia berharap penuh agar ASN tidak membuat gerakan tambahan. 


"Sudah beberapa kali saya sampaikan saat upacara, sampai ada penandatangan penyatuan komitmen netralitas sebagai upaya pilkada ini berjalan aman dan tertib. 



Ia berharap, semoga ASN khusunya di wajo tetap menjaga marwah ASN itu dan tetap mematuhi SKB tersebut. 


 "Saya menghimbau seluruh ASN di kebupaten Wajo agar tatap berpegang teguh pada aturan dan regulasi yang ada, semoga kedepan juga wajo bisa jadi percontohan kepada daerah lain yang predikat daerah yang menggelar pilkada yang sehat dan damai," Terangnya.(Red)


Editor : Edi Prekendes 




Komentar

Tampilkan

  • Jelang Pilkada, Pj Bupati Wajo Tegaskan ASN Jangan Terlibat Politik Praktis
  • 0

Terkini

Topik Populer