-->

Iklan

Pesan Moral Paslon Selalu Ada beredar Secara Berantai di Soppeng

BERWA
Rabu, 09 Oktober 2024, 9:55 PM WIB Last Updated 2024-10-09T14:01:41Z

 


BERITAWAJO.ID, SOPPENG - Pasangan Calon (Paslon) Calon Bupati dan Wakil Bupati (Cabup) dan (Cawabup) Kabupaten Soppeng A. Mapparemma dan Hj. Andi Awadiah (SIA ADA) mengajak seluruh warga untuk jadi pemilih cerdas serta kritis dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024 mendatang. 


Ajakan itu tertulis dalam sebuah video pesan moral yang berdurasi 5 menit 10 detik, yang di sampaikan melalui pesan berantai dari aplikasi WhatsApp yang sudah tersebar dari semua kalangan di Kota Kalong tersebut. 


Berbekal dukungan partai dari PBB, Hanura, Perindo, PDIP, PAN dan dan beberapa partai pengusung lainnya, Paslon yang memiliki slogan SIAP ADA mappadeceng serta perempuan berdaya soppeng juara. 


Pesan moral itu tertulis "Pemimpin baik itu tidak datang dengan memaksa orang lain untuk mengikutinya, tidak perlu membayar orang lain untuk memilihnya dan tidak perlu orang lain untuk mentaatinya, karena kehadiran pemimpin yang baik akan mengundang Orang-orang berjalan dan bergandengan bersama, karena pemimpin sejatinya lahir dari rahim takyat," Bunyi kutipan video berantai tersebut. 


Salah satu tokoh Pemuda Soppeng Haji Anto dalam video tersebut menyebutkan makna dan filosofi slogan arti dari sebuah kata Mappadeceng yang dari bahasa Bugis.mappadeceng mengandung arti budaya filsafat Bugis yang memiliki arti memperbaiki. 


Dimana kata dia, dirinya sering mendengar dan sering liat pasangan siap ada tertulis dengan jelas kata mappadeceng dari Paslon nomor urut satu tersebut. 


Ia mengambi sebuah alat peraga dari sebuah botol plastik berwarnah putih kemudian di taruh diatas meja di depannya kemudia menggambarkan saat semua Paslon melakukan pencabutan nomor urut yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu. 


"Pada saat itu pengambilan nomor urut yang digelar oleh KPU, salah satu nomor urut yang satu diatas tersentuh secara tidak sengaja, Sehingga nomor urut diantaranya jatuh secara spontan pasangan siap ada langsung mendirikan atau memperbaiki nomor urut tersebut, itulah makna mappadeceng dimana orang lain yang buat nomor urut itu jatuh namun pasangan siap ada yang memperbaiki," Ujar Haji Anto dalam video tersebut. 


Pria berkacamata itu menyebut itulah makna dari kata mappadeceng sehingga dirinya mengajak seluruh warga Soppeng bersatu mendukung Paslon nomor urut satu tetsebut


'Kalau hal kecil saja selalu ada di perbaiki lebih lagi hal yanng besar selalu terpikirkan," Ujarnya. 


Ia juga menghimbau warga agar terhindar dari money politik atau politik uang karena dapat menciderai marwah demokrasi tersebut. 


"Mari saudataku, mari kita bersatu dalam pemenangan siap ada, pasangan inilah yang pro rakyat, bukan calon yang tiba-tiba merakyat, yakinlah jika ada calon begitu cepat dia akan melupakan rakyatnya," Pungkasnya.(Red)


Editor : Edi Prekendes 






Komentar

Tampilkan

  • Pesan Moral Paslon Selalu Ada beredar Secara Berantai di Soppeng
  • 0

Terkini

Topik Populer